Jumat, 24 Oktober 2014
RSS

MedcoEnergi Gandeng Saratoga untuk Industri Ketenagalistrikan

JAKARTA - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi/Perusahaan) hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan PT Saratoga Power (Saratoga Power), anak perusahaan dari Saratoga Capital, yang akan memanfaatkan diversifikasi energi usaha MedcoEnergi dalam industri ketenagalistrikan yang dikelola oleh anak perusahaannya, PT Medco Power Indonesia (Medco Power).

Direktur Utama dan Chief Executive Officer MedcoEnergi, Lukman Mahfoedz mengatakan kemitraan strategis ini akan memberikan sinergi yang kuat dan juga dapat memperkuat keberadaan MedcoEnergi untuk terus mendukung program Pemerintah dan juga PLN dalam peningkatan rasio elektrisifikasi di Indonesia, selain juga penyediaan energi nasional.

"Saat ini, Medco Power mengelola pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Panaran, Batam, dan Sumatera Selatan dengan total kapasitas 250 MW, serta kontrak jasa di Pembangkit Listrik Tenaga Batubara di Tanjung Jati B sebesar 1.320 MW di Jepara, Jawa Tengah," ujarnya kepada wartawan, Jakarta, Jumat (16/12).

Sejak berdirinya ditahun 2004, lanjut Lukman, Medco Power berkonsetrasi di bisnis Independent Power Producer (IPP) berbasis clean energy dan dalam pengembangannya Medco Power juga memiliki beberapa proyek-proyek IPP yang memerlukan modal cukup besar untuk pengembangannya.

"Kemitraan ini akan mendukung Medco Power dalam memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia dengan melakukan ekspansi seperti pengembangan sistem combine cycle pada seluruh PLTG yang dimiliki, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro, dan akuisisi pembangkit listrik baik IPP ataupun

captive market," paparnya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dari hulu ke hilir, Medco Power juga mengembangkan bisnis kearah power plant services seperti Engineering Procurement and Construction serta

Operation and Maintenance yang dapat mendukung program pengembangan pembangkit listrik PLN dalam memenuhi kebutuhan energi listrik di seluruh Indonesia.

Saratoga Power Akuisisi 51% Medco Power

Sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian Jual Beli dan Penempatan Saham atau Shares Purchase and Subscription Agreement (SPSA) antara MedcoEnergi dan Saratoga Power yang ditandatangani 14 November 2011, Saratoga Power mengakuisisi 51% saham yang dikeluarkan oleh Medco Power dan berpartisipasi dalam penempatan saham baru Tahap I dan Tahap II yang dikeluarkan oleh Medco Power.

Nilai total penjualan saham MedcoEnergi sebesar 51% di Medco Power dan penempatan saham baru tahap I sebesar 51% di Medco Power adalah AS$87 juta telah sepenuhnya diterima pada tanggal 16 Desember 2011.

Saratoga Power juga akan membayarkan sejumlah AS$25 juta lagi ke MedcoEnergi untuk penempatan saham baru Tahap II di Medco Power pada bulan Januari 2012 mendatang.  Disamping menandatangani SPSA, MedcoEnergi, Saratoga Power dan Medco Power juga telah menandatangani Shareholders Agreement pada waktu yang sama.

"Kami sangat gembira dapat menyelesaikan transaksi ini sesuai jadwal yang telah ditentukan," kata Lukman.

"Saya sangat menghargai upaya seluruh pihak yang telah bersama-sama menyelesaikan transaksi kemitraan strategis ini.  MedcoEnergi dan Saratoga memiliki visi yang sama untuk menyediakan energi bagi bangsa Indonesia, serta nilai-nilai perusahaan yang sama - dengan menekankan pada keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan. Kami percaya bahwa masuknya Saratoga Power akan menciptakan nilai yang lebih besar bagi MedcoEnergi dan Medco Power khususnya, serta memberikan jaminan lebih besar untuk terwujudnya keseluruhan proyek ketenagalistrikan di MedcoEnergi guna meningkatkan tingkat elektrifikasi nasional Indonesia,” tambahnya.

MedcoEnergi adalah perusahaan terbuka di Indonesia yang memiliki kelompok usaha terpadu di bidang energi dengan fokus usaha pada aktifitas eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, serta gas metana batubara. MedcoEnergi juga merupakan produsen LPG, bio-etanol, dan menggeluti kegiatan perdagangan dan distribusi HSD, serta mengoperasikan beberapa pembangkit listrik dan memasok tenaga listrik ke PLN.  MedcoEnergi memiliki operasi di beberapa Propinsi di Indonesia, serta di Negara Oman, Yaman, Libya dan Teluk Meksiko di Amerika Serikat.

Saratoga Power adalah anak perusahaan dari Saratoga Capital, perusahaan investasi ekuitas swasta dengan fokus growth capital dan investasi situasi-khusus di Indonesia. Saratoga Capital telah berinvestasi di beberapa bisnis dan berubah menjadi perusahaan kelas dunia, menanamkan semangat kewirausahaan, keahlian operasional, disiplin keuangan dan tata kelola perusahaan yang baik dalam menyampaikan nilai-nilai jangka panjang bagi semua pemangku kepentingannya.

Banner
Site Design by Yanhr - learn Joomla! in fast and easy way